Ada relasi yang kuat antara neoliberalisasi pendidikan tinggi selama 20 tahun terakhir dengan neraka psikologis yang sekarang dihadapi oleh para staf pengajar dan mahasiswa. Jika dulu akademisi pernah dianggap sebagai pekerjaan terbaik di dunia—yang khas dengan otonomi, keahlian, kepuasan kerja, dan panggilan hati—sekarang sangat sulit bagi kita untuk menemukan seorang dosen yang mempercayai anggapan itu.

Peter Fleming menyelami dunia yang sekarang terobsesi dengan metrik dan sangat hierarkis ini untuk menunjukkan rahasia tersembunyi dari perguruan tinggi neoliberal. Ia mengkaji komersialisasi, gangguan mental dan kecenderungan menyakiti diri sendiri, meningkatnya manajerialisme, mahasiswa yang menjadi konsumen dan penilai atas dosennya, dan individualisme kompetitif yang menunjukkan kilau gelap dari alienasi di perguruan tinggi.

Beranggapan bahwa kita sudah hampir kehabisan waktu untuk memperbaiki situasi yang ada, buku ini menunjukkan bagaimana akademisi dan mahasiswa harus bertindak sekarang jika mereka ingin membenahi sistem yang bobrok ini.

Buku yang ditulis Fleming memancarkan sinisme dan kemarahan.

— The Guardian

Selama lima puluh tahun terakhir, neoliberalisme telah menyerang dunia pendidikan tinggi dengan hebat. Keseriusan dari serangan ini dan dampaknya pada manajemen institusi, staf pengajar, dan mahasiswa merupakan cerita penting yang harus diidentifikasi, dianalisis, dan ditangani dengan segala kompleksitasnya, jika pendidikan tinggi ingin mengklaim kembali posisinya sebagai institusi yang mendorong perbaikan masyarakat. Paling tidak, sekarang kita sudah punya buku yang melakukannya. Melalui Dark Academia, Peter Fleming telah menguak neoliberalisme sebagai sumber masalah dan transformasi gelap dari pendidikan tinggi menjadi pendukung kekuatan pasar yang hina. Buku ini harus dibaca oleh siapa pun yang memiliki kepedulian tidak hanya pada dunia pendidikan tinggi tetapi juga nasib dari orang-orang yang terlibat dalam permasalahan ini, perlawanan kolektif, dan demokrasi.

— Henry Giroux, Kepala Divisi Scholarship in the Public Interest Universitas McMaster dan Peraih The Paulo Freire Distinguished Scholar in Critical Pedagogy

Kritikus ideologi manajemen kita yang hebat, Peter Fleming, telah menggunakan bakatnya untuk menyerang perguruan tinggi korporat dan mendefinisikan titik balik otoritarisasi pendidikan tinggi, dan ia telah melakukannya dengan sangat efektif.

— Stefano Harney, Profesor Honorer, Institut Gender, Sexuality, Race, and Social Justice, Universitas British Columbia

Formulir Pemesanan Buku "Dark Academia"

13 + 6 =